TV GOLSTAR GAMBAR REDUP DISERTAI BURAM DAN BERKELIS

datang lagi servisan tv golstar jadul dengan keluhan suara normal.
gambar gelap disertai seperti kelis,jadi saya sempat bingung beberapa hari karena kalau saya amati RGB semua normal bahkan OSD pun kelihatan jelas,dugaan saya pada awalnya yaitu rangkaian Abl yang kurang normal atau ada yang rusak,seperti gambar berikut :


saya oprek semua yang pernah saya tahu,bagian abl saya urut semua dari playbag sampai ic croma dan program.saya tidak menemukan mana yang rusak,akhirnya saya biarkan sampai bebrapa hari,ini adalah trik saya,jika mengalami suatu masalah yang kiranhya sulit saya pecahkan ya langsung saya tinggal saja.

suatu malam tepatnya pada malam ini dan saya membuat post ini yaitu waktu tv ini baru kelar lalu saya membuat post,yang bertujuan agar post ini bisa menjadi dan bisa ditiru temen temen semua,

saya awalnya berfikir kalau capasitor yang ada di G2 biasanya juga bisa mengalami kerusakan yang bisa mengakibatkan gambar seperti ini.saya mencoba mencabut dan tv saya nyalakan tidak membuahkan hasil.

dan langsung saya berfikir kenapa tidak saya coba cek capasitor bagian /dekat dengan ic croma saja.langsung saya cek satu persatu mengguankan esr dan saya menemukan 1 capasitor yang sudah kurang stabil yang berada pada jalur pin 31 ic croma tv ini yaitu pin video in.



langsung saya ganti capasitor tersebut yang bernilai 10uf/16v saya ganti dengan 10uf/50 vol.dan tv langsung normal seperti gambar ini :