SERVIS TV SAMSUNG SLIM TIDAK MAU START SAMA SEKALI TIDAK PROTEK

baca juga : Servis tv sharp protek
memperbaiki tv mati standby

Servis tv samsung slim tidak mau start sama sekali tidak protek
Tv samsung slim adalah tv yang lumayan bagus dari segi suara walaupun masih kalah dengan tv polytron,namun menurut saya lumayan bagus warna juga gambarnya dari pada polytron slim jaman sekarang.suatu hari waktu saya main online di facebook,saya di tanya oleh temen katanya dia beli tv,tvnya rusak,karena dia juga bengkel diservis sendiri dan tidak membuahkan hasil karena tvnya tidak mau start.
Tv samsung slim ini dengan kerusakan tv bila dinyalakan start,led pada tv menandakan kalau tv mau start dan menyala,tetapi apa yang terjadi,setiap steker di colokkan ke listrik led kelihatan berkedip sekan-akan tv mau menyala,tetapi anehnya tv tidak mau menyala,setelah lama dia mencoba untuk servis tv ini tetapi tidak membuahkan hasil,akhirnya tv dibawa kerumah saya .

Sebelumnya tv juga saya kasih masukan kalau coba ganti memorinya,semua yang aku tau dan aku bisa kasih masukan sudah saya berikan,tetapi juga tidak membuahkan hasil,akhirnya tv saya suruh bawa keruamah saya.

Setelah tv dibawa kesini dan diserahkan  ke saya/setelah ijab kobul,(emang nikah ya,ada ijab kobul) tv juga saya cek dari area  tegangan masuk,output power suplay tv samsung ini  mempunyai dua/2 output tegangan,

1.       Tegangan output 9-12 volt menuju ic power ampli dan di cabang dengan dioda menuju driver horisontal,selainitu juga menuju ic program untuk start pertamanya.
2.       Tegangan 125volt yang berfungsi menuju playbag yang difungsikan untuk membangkitkan frequensi tinggi yang akhirnya tv bisa kerja,(ini hanya kesimpulan sederhananya)
 
Setelah saya lakukan pengecekan pada semua tegangan output power suplay  dan tegangan normal,tetapi tv masih tidak mau start,

Saya lakukan lagi pengecekan  tegangan pada driver horisontal,juga ada tegangan tetapi tvjuga tidak mau star juga,

Langkah demi langkah saya telusuri semua area tv yang memerlukan tegangan saat pertama dinyalakan semua ada dan normal menurut saya,setelah itu saya coba cek dengan multi tester skala 10vol,saya taruh tester ini probe merahnya di basis transistor driver horisontal,juga ada tegangan waktu steker di colokkan.
Saya juga mulai kebingungan dengan tv samsung ini,perang otak mulai serius karena perinsip saya jika sedang menghadapi suatu pekerjaan apabila saya rasa bisa tetapi masih belum ketemu penyebabnya rasa penasaran selalu muncul dan kepingin harus bisa,itu perasaan saya sebagi seorang bengkel elektro,maaf bukan maksud saya tidak mau membagikan perjaan ini kepada orang lain jika saya tidak bisa,tetapi jika saya rasa ini masih bisa kenapa harus saya lempar ke orang lain?..

masih bisa saya pahami jadi saya tidak menyerah begitu saja,karena masih ada pekerjaan lain dan saya rasa tv ini menyita waktu saya akhirnya tv ini saya biarkan dulu dan masih tetap terfikirkan solusinya.

Sembari saya mengerjakan yang lain dan di sela-sela kesibukan saya coba saya periksa lagi tv ini.coba saya lakukan lagi semua area,dan masih satu yang ketinggalan yaitu saya coba open cut langsung pin ic output horisontal dan saya cek dengan tester skala 10volt,tv saya nyalakan kembali dan apa yang terjadi,,,? Waktu led berkedip jika tv normal harusnya di pin ini harus ada tegangan minimal 2-3 volt(menurut pengalaman pribadi).tetapi setelah saya cek di pinj ini ternyata tidak ada tegangan sama sekali pada pin outptut horisontal pada ini ini.

Tv samsung ini menggunakan ic singgle yaitu TDA 12136PS/N1/3.menggunakan ic vertikal la78141,tv samsung slim.setelah di cek kesana kemari dan terahir saya cek di pin output driver horisontal akhirnya sampai disini saya sudah menemukan jawabannya.

Saya mulai mempunyai kesimpulan bahwa tv ini berarti rusak di ic ini : TDA 12136PS/N1/3.sampai disini setelah saya memperkirakan hasil dari kerusakan tv ini maslah belum selesai juga,karena saya cari kesana kemari mulai dari toko-toko elektronik yang ada di daerah saya tidak ada satupun toko yang menjual ic ini.saya pikir tadi akan cepat selesai tv ini jika mendapatkan icnya.
Saya tidak patah semangat untuk mencari ic ini karena saya yakin kalau ic ini yang menjaid penyebab matinya tv ini.saya tanya kepada rekan-rekan saya se profesi ini belum ada hasil.selang beberapa waktu kemudian dapat kabar dari temen kalau dia dapat ic untuk tv samsung slim ini. Kuhampiri mereka saya ambil icnya,setelah sampai dirumah ternyata icnya tidak 100% sama dengan yang aslinya tetapi juga juga masih bekas punyanya tv samsung.

12156PS/N1/3 ini nomer seri ic yang saya dapatkan dari temen saya,akhirnya saya malas lagi dan ic saya biarkan dan tidak saya pasang,mungkin ini penyakit bengkel mulai keluar.rasa malas timbul jika.......
Setelah beberapa waktu kemudian saya berfikir kenapa ic ini tidak saya coba saja?,,,katanya ic ini juga milik samsung,akhirnya saya coba juga ic ini dan yang terjadi tv ini setelah saya kasih masukan arus pln tv langsung mau menyala/terdengar suara start dan hatipun mulai berfikir kalau tv ini bakal nyala meski menggunakan ic  yang tidak sama atau beda, ic aslinya TDA 12136PS/N1/3 dan saya ganti dengan ic yang baru yaitu 12156PS/N1/3.tetapi tv mau menyala,
Sampai disini pekerjaan belum selesai dan pertarungan masih tetap berlanjut juga musuh masih selalu menyerang.lalu saya coba kasih tabung tv dan tv saya nyalakan terus melihat hasilnya yaitu tv langsung menyala tetapi gambar blank,tabung tv menapilkan gambar garis-garis dan tidak nampak osd maupun gambar,setelah melakukan pengecekan ternyata ic RGB juga ikut rusak.

Tv samsung layar datar ini membuat saya lumayan bingung,tapi mau tidak mau harus saya hadapi karena ini mungkin tantangannya seorang bengkel elektro,karena tidak ada yang mudah jika kita tidak mau menyikapi dengan mudah,itu menurut saya,

Langsung saja saya ganti dengan ic RGB baru dan hasilnya tv baru mau keluar gambar tetapi hanya sekitar beberapa centimener ditengah saja gambarnya,ini mungkin mengetes kesabaran saya hehehe..langsung saya buka yoke defleksi saya tes ternyata memang benar yoke putus sebelah,setelah saya lakukan penyambungan pada yoke defleksi dan saya tes dengan tester hasilnya sekitar 15ohm trus yoke saya pasang  pada tv dan hasilnya tv langsung menyala normal....byaaaar...

Sampai disini pertarungan saya dengan tv samsung flat yang rusak tidak mau start,dan akhirnya membuahkan hasil yang maksimal,dan ternyata yang saya kerjakan tidak sia-sia.

Kesimpulan dari artikel saya ini,kerusakan tv samsung layar datar ini rusak pada icnya (croma dan program jadi satu TDA 12136PS/N1/3 saya ganti dengan TDA 12156PS/N1/3 )DAN ic RGB juga yoke defleksi,setelah semua saya ganti alhamdulullah tv sekarang sudah normal,karena yang punya tv sudah menyerahkan kepada saya akhirnya yang punya saya konfirmasi dan tv saya jual,dan alhamdulillah dapat untung dinagi 2 dengan empunya,

Sekian pengalaman saya servis tv samsung layar datar semoga bisa menginspirasi  teman-teman semua dalam servis tv samsung layar datar.
Ini adalah pengalaman pribadi Silahkan copas dan sertakan link aslinya.