Servis tv sharp protek



Maaf cerita sedikit,pada sore hari pas lagi santai ada seorang ibu-ibu yang sedang meminta tolong untuk diserviskan tvnya.tapi karena waktu sudah sore maka mereka saya suruh nunggu esok hari baru bias saya servis.

Dan aq Tanya tvnya adalah shrap dengan kerusakan protek,setiap dinyalakanan tv nyala sebentar lalu kembali ke standby.

Keesokan harinya langsung ke TKP untuk mencari rezeki dengan membantu orang servis tvnya,langsung saya oprek mesinnya dan tidak lupa debu dibersihkan dahulu langsung saya tuju ke pin-pin protek,karena biasanya dengan cara seperti ini mudah di temukan dengan cara melumpuhkan pin protek.

Setelah saya lumpuhkan semua pin protek dan tv saya nyalakan ko malah sama saja seperti semual.mulai bingung deh,mulai pusing karena memakai jurus ini ko tv tidak mau nyala,
Sedikit bingung saya coba cek tegangan semua normal,wadduh tambah pusing lagi,dan akhirnya ada jalur dari tegangan 12v yang lewat diode menuju ic croma.saya berfikir ini penyebabnya langsung diode saya copot dan coba saya nyalakan tv lanhsung nyala tetapi yang terjadi tv hanya nyetrip saja.alias hanya garis vertical lurus dari kanan ke kiri.

Mulai bingung lagi dan setelah itu mulai berfikir fress lagi dan coba santai dulu lalu punya fikiran kalau yoke rusak bias menyebabkan tv juga protek.

Langsung coba yoke saya lepas dari mesin dan saya tes dengan teseter  pada nagian vertical,dan ternyata dugaan saya benar untuk yang terakhir ini,yaitu yoke rusak alias putus,tak usah piker panjang yoke langsung saya buka dan aku gulung kemabali dan akhirnya tvpun jadi menyala.

Untuk lebih jelasnya anda bias nyimak video di bawah ini,oke…….!

semoga bermanfaat ya...silahkan share maupun komentar ya...