Mengganti modul mesin cuci samsung top loading dengan mesin universal

Mengganti modul mesin cuci samsung top loading dengan mesin universal adalah pilihan yang terakhir apabila mengupayakan dengan menservis modul asli tapi tidak membuahkan hasil.

ketika anda mendapati servisan mesin cuci samsung tabung satu dengan modul digital dan rusak parah ataupun pada intinya anda sudak tidak dapat menangani dengan baik lebih baik anda ganti saja dengan mesin universal yang baru saja.

mesin cuci yang saya servis ini pertama rusaknya jika diperintah tidak mau bekerja,saya kasih contoh saja ya..
saat tombol power di tekan maka akan muncul display.lalu di tekan wash maupun program yang lainnya mereka langsung eror dengan tanda lampu merah menyala,dan sudah saya cek semua komponen yang berhubungan dengan modul itu termasuk saklar pintu .karena kebanyakan saklar pintu rusak dan mengakibatkan mesin menjadi error.

tapi pada kasus saya ini memang bener-bener modulnya yang eror dan saya tidak bisa mengatasi karena yang eror dari ic  prosesornya.biasanya  jika terjadi kerusakan di bagian hardwer langsung saya buka dan mengganti dengan komponen yang baik langsung menyala normal lagi.

karena modul ini yang rusak bagian ic prosesornya maka langsung saya ganti dengan modul universal saja,untuk mesin cuci top loading yang saya ganti modul ini memiliki merek/model WA70V4 seperti pada gambar ini :

mungkin anda pernah maupun sering mendapati mesin cuci merek ini,karena banyak mesin cuci seperti ini yang modelnya beda tapi modulnya sama.

langsung saya ganti dengan modul universal dan disini saya mendapati modul dengan harga sekitar 160.000  karena yang punya minta cepet kelar jadi langsung saya ganti dengan modul ini dan saya mengikuti cara wiringnya serti pada gambar dibawah ini :





dan satu lagi cara wiring atau pengkabelannya sangat mudah,kabelnya hampir sama semua,hanya nambah satun kabel saja yang dari  saklar pintu ke modul saya tambah satu kabel yang asalnya digabung dengan kabel sensor air.

ini adalah solusi jika mendapati servisan mesin cuci yang rusak,karena semakin kesini mencari mosul yang asli bukan semakin mudah malah semakin susah,saya juga tidak tahu kenapa harus diservis resmi saja yang menpunyai modul dan tidak dijual untuk umum,mungkin kaena ini masalahnya sehingga pilihan saya jatuh pada mesin uviversal ini.

dan setelah saya pasang kabelnya siap di tes,masih mau lihat gambarnya,,oke..




bagus ya..acak acakan tidak masalah,yang penting nyala normal,kan baru di pasang kabelnya,namanya bukan servis kalau tidak acak acakan.heee...

ini sudah bagus saya cek..juga serti ini



terasa sudah lengkap cerita saya kali ini ya,,dan semoga bermanfaat info ini.dan hasilnya bagus tidak ada masalah asal benar cara pasangnya.

dan setelah saya rapikan seprti ini gambarnya...


dan siap di cairkan.selamat mencoba semoga sukses..jangan lupa tinggalkan jejak di bawah ini atau share biar banyak yang lihat dan bisa memberikan solusi pada kawan servis.