pasang iklan

SERVIS TV SHARP SLIM TIDAK BISA START

SERVIS TV SHARP SLIM TIDAK BISA START
Di Posting Oleh : madunelektro
Kategori :

selamat pagi semua para blogger mania..juga para teknisi elektronik.untuk mengawali pagi ini saya coba posting tatacara servis tv sharp picollo slim 21 tidak bisa start.setelah lama saya tidak posting disini rasanya ada yang kurang apabila punya pengalaman tetapi tidak di curahkan.yang akan saya bagikan disini murni dari pengalama saya pribadi dalam menservis elektronik.semoga bermanfaat.

kali ini saya akan berbagi kepada para servis elektronik khususnya untuk pemula dalam dunia elektronik mungkin ada yang kebingungan dalam servis tv sharp picollo 21 slim.kemarin saya dapat servisa tv sharp 21 slim dengan keadaan :
TV KEADAAN STANDBY/TIDAK MAU START
LED STANDBY NYALA
SAAT STEKER LISTRIK DI COLOKKAN LED TERLIHAT BERUBAH WARNA DARI REDUP MENJADI TERANG.

baca juga Servis tv sharp protek
dan memperbaiki tv mati standby



mungkin dengan melihat keadaan seperti itu tv harusnya mau start dan hidupkaaaaaaannnn.....heeee.
tapi apa yang terjadi,
tv tidak mau star,setelah saya buka cassing tv dan saya ukur satu demi satu tegangannya terlihat normal semua.yaitu :
B+115 ada
12v ada
dan semua tegangan aku cek ternyata semua dalam keadaan normal semua,tapi kenapa ox tidak mau start ya?.......
inilah peperangan di mulai dengan sesungguhnya.
setelah saya teliti...............................eeehhh pas saya nyalakan tv pas saat led berubah warna ternyata ic croma saya tidak sengaja saya sentuh terasa panaaaaaaaaaaaasssssssss banget.
mulailah saya curiga dengan ic tersebut.ic dengan nomer seri IXD067WJZZQ.
langsung saya pastikan tersangkanya yaitu ic IXD067WJZZQ yang membuat kekacauan.

langsung saya bilang sama yang punya tv karena saya servis saat itu dirumah yang punya tv kalau icnya minta ganti,dia bilang oke,ganti saja,,,,,,,,
langsung meluncur ke toko sparepart,apa yang terjadi setelah saya ke toko kesana kemari ternya tidak ada yang jual IC itu.BINGUNG DEH JADINYA.............GALAU.
tidak habis pikir langsung telepon dealer sharp terdekat/di KUDUS JATENG.karena rumah saya di PATI JATENG.tetapi apa yang terjadi stelah saya pesan ic IXD067WJZZQ disuruh nunggu.biasanya kalau ada mungkin 2-5 hari kerja sudah ada.tapi sekarang 10-15 hari juga tidak ada.saya telepon teruuuuss katanya sudah di pesankan di jakarta.tapi ox tidak ada.dan akhir cerita memang ic IXD067WJZZQ tidak di keluarkan oleh pabrik mungkin dengan tujuan apa juga tidak tau pasti.


setelah itu saya di minta solusi sama  custumer servisnya sharp (dia cantik,baik hati lagi.heee...) ternyata kalau memang ic jenis itu rusak ada gantinya yaitu di ganti dengan nomer seri IXC844WJZZQ.

ini mungkin bisa jadi referensi buat teman-2 servis elektronik yang kesusahan mencari ic IXD067WJZZQ
tv sharp picollo slim 21.ganti aja dengan nomer seri  IXC844WJZZQ.dengan catatan komponen harus ada yang di buang agar waktu start travo regulator tidak menderik.
buanglah dua transistor Q1000 sama Q755.
dan tv siap di nyalakan,dan hasilnya...BYAKKKK...normal deh.
dan semua tombol juga normal termasuk remot kontrolnya
dengan demikian peperangan sudah selesai dan langsung dapat gajian....

jangan lupa tinggalkan komentar dibawah apabila anda merasa terbantu.
semoga bisa jadi referensi dan bermanfaat..............