SERVIS TV POLITRON GAMBAR GELAP DAN PROTEK

halo temen-temen semua..kali ini saya mau share tentang servis tv polytron yang kondisinya saat ini gambar blank dan ada suara lalu stanby,jadi tv polytron 29 ini saat dinyalakan gambar gelap dan suara ada sejenak,lalu setelah itu tv menjadi standby alias protek.

jadi pada kasus ini analisa saya biasanya dan juga yang pernah terjadi adalah rusak pada ic vertikal,ya,,walaupun gambar gelap dan kelihatan penuh biasanya setelah di ganti ic vertikal tv menjadi normal kembali.namun pad tv ini setelah saya cek pada semua tegangan ternyata normal semua.tidak lama langsung saya cek semua solderan ternyata banyak yang kendor akibat korosi atau panas saat dinyalakan.


tidak lama dan berfikir panjang lebar tv saya solder ulang semua yang saya lihat pada kendor tak terkecuali bagian ic vertikal,bagian ini yang paling banyak yang kendor,juga bagian regulator tegangan yang biasanya ada transistor juga pada panas.bagian ini juga saya solder semua dan tidak lama langsung saya coba kembali dan alhamdulillah tv menjadi normal.




mungkin ini adalah yang dinamakan keajaiban,dan semua juga tidak luput dari syukur kepada alloh sebagai tuhan saya dalam agama islam.
dengan hanya menyolder solder saja tv kembali normal dan langsung saya tutup dan laporan sama yang punya bahwa tvnya sudah normal dan waktunya bayaran.

bagi temen semua saya ada tips yang jarang banget orang sadari bahwa semua yang kita kerjakan itu tidak
luput dari ridho alloh,bagi anda yang beragama muslim mulailah untuk lebih rajin dalam menjalani ibadah anda
agar apa yang anda kerjakan selalu mendapt ridho dan di mudahkan semua perkerjaan anda,cukup sekian tips cara servis tv polytron 29 protek dan gambar gelap kali ini semoga bermanfaat.
jangan lupa share ya semoga makin berkah ilmu ini.




SERVIS TV POLYTRON ULTRA SLIM MATI LED KEDIP KEDIP





Kali ini saya mau share pengalaman yang barusan saya alami yaitu dapat servisa tv polytron ultra slim dengan kerusakan tv mati dan led kedip kedip dengan cepat.

langkah pertama yang harus anda lakukan adalah lakukan pengecekan pada semua tegangan output power suplay.waktu saya cek semua tegangan output regulator adalah semua tegangan normal keculai tegangan untuk power amli dan untuk regulator 5v dan 9 volt yang agak menurun sedikit dari normalnya,,

jika cerita sedikit sempat bingung sih karena sudah pernah dapat keluhan semacam ini tapi sudah lama namun sudah lupa apa penyebabnya.sempat searching di google dapat artikel yang sama dengan keluhan saya ini yaitu putusnya jalur driver horisontal dari basis tr horisontal ke travo driver.

jadi untuk mengetahui penyebabnya dan segera mendapat solusi adalah buka R 5watt dari output power suplay 115volt mneuju flybag dan berikan beban lampu pijar sekitar 50 watt sampai 100 watt pilih mana yang anda punya.maka setelah anda beri tegangan listrik maka power suplay akan mendapatkan beban yaitu lampu pijar tadi,

setelah itu amati lampu led apakah sudah hilang kedip kedinya?..
jika sudah hilang saatnya silahkan cek output travo driver horisontal yang menuju basis tr horisontal dengan tester skala  5 volt ac apabila ada tegangan waktu lampu led mati maka sudah ada jawaban dimana penyakitnya,sekarang pindah skala tester anda ke x10 dan tes jalur dari basis TR horisontal menuju travo horisontal.apakah nyambung atau putus..karena banyak kasus pcb dilihat kasat mata pcb normal namun jalurnya putus..jika sudah ketemu dimana putusnya lakukan jemperan pada area putus dan tv sudah siap untuk di coba.. pasti tv akan langsung normal..dalam seketika itu pasti hati anda akan bangga,,

tapi jangan lupa copot dahulu lampu pijarnya dan pasang kembali R yang sudah anda ambil tadi..sekian tutorial dan share ini semoga bermanfaat.