CARA MEMBUAT SETRUM IKAN TANPA PLATINA DAN KONDESOR

Cara membuat setrum ikan tanpa platina dan kondesor
Strum ikan tanpa platina, strum ikan primer (eksperimen pada ikan mujair / nila) pada intinya membuat alat ssetrum ikan tanpa menggunakan platina dan kondesor ini sejenis alat inferter alat berubah arus DC menjadi AC.
Tetapi lilitannya tidak sperti travo step up yang ada di jual di pasaran, tetapi harus di buat sendiri seperti biasa membuat koil lilitan yang menggunakan platina.



 

“ untuk membuat alat setrum ikan alat2 yang perlu disiapkan.
Siapkan bahan untuk membuatnya seperti biasa siapkan intii besi atau Koran panjangb 13 cm lebar 15 cm
“ kawat imael 6 ons ukuran 1mm
-isolasi dan kertas isolator mika atas
-ic tipe :lm 555 cn  1 biji
-resistor :43k 1 biji
-resistor :10k 2 biji
-Capasistor :100nf-10nf 1 biji
-dioda :1n4007 2 biji
-transsistor  seri :3055 1 biji
Selanjutnya lilit kawat imel seperti biasa membuat koil setrum iikan lilitan primer cukup 2 lapis saja dan sisanya buat lilitan sekunder. Untuk perakitan komponen jika suah selesaii melilit kira-kira ada 4 lapis sudah cukup karena ukuran kawat yang berukuran 1,5 mm dan panjang Koran 11cm dan yang di lilit 10cm lebih dikit berlebihan lilitan hasilnya kurang memuaskan. Karena tidak seimbang dengan acu 12v.
Maupun juga dengan menggunakan 2 aki/accu.  Maka lilitan harus ndi tambah untuk mebuat strum ikan 2 aki/ batree 14v setelah melilit maka tahan berikutnya mulai menyatukan komponen yang masih nterpisah sseperti kondesor dank oil yang sudah di lilit tadi.


Cara membuat gulungan/coil strum ikan
Sebelum memulai penggulungan kabel koil sebagai kumparan /coilnya pada ssetrumnya ikan dahulu
Yang sudah di persiapkan dengan ukuran panjang 12cm lebar 12cm dan tumpuklah hingga ketebalannya -+2cm setelah itu bungkuslah lempengan besi tersebut hingga serapih mungkin karena menjaga terjadinya kumparan di kala di operasikan

Setelah lilitan primer selesai  semua perangkatnya yang sesuai tempatnya dan fungsinya

source :siap-siapsekolahdotkom