cara baru modifikasi lnb c-band


Cara baru memodifikasi lnb c-band.
Yaitu dengan cara begini kita bisa memperirit pengeluaran dana kita yang akan kita keluarkan apabila dalam 1 rumah mempunyai bnyak tv .yaitu dengan cara modifikasi lnb.
artikel ini saya ambil dari postingan pak asyhar merpati forsater pada forum satelit,,semoga bisa membantu sedikit karna skema lnb yang sebenarnya saya blm punya.Modifikasi LNB C-Band Biasa Menjadi Single Polarity

 
Kepada pak Momod mohon kalau ada yang kurang etis postingan ini silahkan di edit !
Sebelumnya saya ucapkan "salut" kepada seseorang diluar sana yang jelas-jelas bukan member Forum ini atas segala kreatifitas dan keanehan yang dimilikinya, meski semua yang telah ditulisnya di Facebook bisa dinilai kurang Edukatif dan tidak bisa diterima secara nalar oleh sebagian orang !
Saya hanya mewakili apa yang ada secara terbuka disini dengan harapan semoga sedikit banyak ada gunanya....!
Disini sebagai percobaan saya memakai LNB Biasa pasaran merk Tanaka.



Cara kerja secara singkat (Lihat Skema):
1. Pada seting RX 13v, pin 11-12 IC 74HCT14 adalah Control Vertical dan akan mengeluarkan tegangan + (Plus) sampai Basis Tr PNP bagian Vertical, karena Tr ini type PNP sehingga tidak menhantarkan tegangan dari Emitor menuju Colector dan pada Basis Tr RF Vertical(Probe/Jarum) akan terjadi Min karena ada 2 Resistor menuju Min 4v dan pada Colectornya ada tegangan skitar 2v yang artinya Rangkaian sedang bekerja pada Frekuansi Vertical dan secara otomatis semua Channel pada Frekuensi tersebut akan diterima dan diolah oleh RX sampai menjadi gambar !
Pada kondisi seperti ini, pin 9-10 IC 7414 sebagai Control Horizontal akan Nol Volt dan semua Tr akan berfungsi sebaliknya dari rangkaian Vertical tadi dan bisa diukur teganganya pada bagian Colector Tr RF Hor pasti Nol Volt !
2. Nah, kalau anda sedikit-banyak mengerti tentang teori Electronic terutama cara kerja Transistor, untuk melakukan Jumper agar 2 Tr RF V dan H bisa bekerja bersama-sama menerima sinyal...sebetulnya mudah !!!
Perhatikan Jumper Warna Kuning antara kedua Basis Tr PNP V dan H; Kalau seting di RX hanya 13v atau 18 saja kedua Tr RF akan tetap bekerja menerima sinyal bersama-sama, dan kedua Basis/Probe-nya  terjadi tegangan Min skitar 0,2v...pahami poin 1 !!!
NB:
1.Harap diperhatikan saat percobaan, gunakan LNB biasa murmer yang masih normal, coba pada channel yg sinyalnya besar karena kalau penjumperan kurang sempurna misal kawat Email terlalu panjang dan menutupi komponen lain2 akan terjadi penurunan sinyal !
2. Dalam praktek saya; Seting RX 13v MNC,Tv One,SCTV dan semua channel di Telkom menjadi Vertical ! Dan sebaliknya saat seting RX 18v semua Channel tadi menjadi Horizontal.....

sekian yang bisa saya tulis pada kesempatan ini,terimakasih semoga bermanfaat.apabila artikel tentan modifikasi lnb ini bermanfaat silahkan tinggalkan kritik dan pesan anda di kolom komentar di bawah ini.